Jelaskan Mengapa Letak Kawasan Asia Tenggara Dikatakan Sangat Strategis?

Letak kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negaranegara barat dan timur sehingga kawasan ini menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

Mengapa letak negara di Asia Tenggara dikatakan strategis jelaskan?

Secara geografis, ASEAN terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Hal ini menjadikan letak geografis ASEAN sangat strategis, karena dilewati oleh jalur perdagangan Internasional.

You might be interested:  Mengapa Pola Lantai Vertikal Biasanya Digunakan Pada Tari Klasik?

Mengapa Kerajaan Demak dapat dikatakan memiliki letak yang strategis?

Lokasinya sangat strategis, berada di tengah-tengah jalur pelayaran nasional dan punya pelabuhan besar. Ini membuat perekonomian Kerajaan Demak bagus dan mapan. Kerajaan Demak juga dekat dengan muara sungai. Ini mendorong aktivitas perdagangan cepat berkembang.

Mengapa kawasan Asia Tenggara memiliki posisi penting dalam perdagangan Internasional?

Karena Kawasan Asia Tenggara Berada Pada Posisi Atau Jalur Yang sering di Lewati oleh pedagang Internasional (seluruh dunia) sebab itulah kawasan Asia Tenggara Mudah melakukan perdagangan dengan Negara Lain dan menjalin kerjasama antar Negara.

Mengapa Asia Tenggara memiliki daerah pertanian yang subur?

Sebagian besar wilayah Asia Tenggara memiliki curah hujan tinggi dan penyinaran matahari yang sepajang tahun sehingga menjadikan wilayah ini subur dan cocok untuk sektor pertanian.

Mengapa Indonesia dikatakan sebagai negara yang strategis brainly?

Letak Indonesia dikatakan strategis karena Indonesia adalah negara yang terletak di antara 2 benua, yaitu benua Australia dan benua Asia dan di antara 2 samudra, yaitu samudra Pasifik dan samudra Hindia, yang dimana letak ini membuat Indonesia menjadi negara dalam jalur pelayaran dan perdagangan dunia yang ramai

Mengapa letak geografis Indonesia sangat strategis brainly?

Letak strategis Indonesia terbentuk karena Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudera Pasifik serta antara benua Asia dan Australia. Akibat letak strategis ini, Indonesia dilalui jalur perdagangan dunia dan berada di lokasi perairan yang kaya sumber daya alam.

Mengapa Kerajaan Demak berperan penting dalam bidang ekonomi di wilayah Pulau Jawa pada saat pemerintahan Raden Patah?

Dengan letak yang begitu strategis dalam jalur perdagangan Nusantara, karena berperan sebagai penghubung antara daerah penghasil rempah-rempah Indonesia bagian barat dan penghasil rempah-rempah Indonesia bagian timur. Dengan demikian perdagangan Demak semakinberkembang.

You might be interested:  Mengapa Anda Tertarik Mengikuti Program Beasiswa?

Mengapa Kerajaan Demak disebut sebagai kerajaan maritim?

Kerajaan Demak menjadi kerajaan maritim karena kemampuannya dalam menguasai pelabuhan serta bidang perdagangan. Selain itu, Kerajaan Demak juga memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke wilayah pedalaman.

Mengapa Kerajaan Demak dapat mengislamkan daerah Jawa dalam waktu yang relatif singkat?

Kerajaan Demak mudah melakukan Islamisasi dengan mudah di Jawa karena Islamisasi dilakukan dengan cara damai yang dapat mudah diterima masyarakat jawa, seperti masih meninggalkan unsur-unsur budaya yang sudah ada yaitu dengan cara dakwah menggunakan wayang yang dilakukan oleh sunan Kalijaga, perayaan sekaten untuk

Mengapa Indonesia mempunyai peran yang sangat penting dalam menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara?

Menciptakan perdamaian di Asia Tenggara

Di ASEAN, Indonesia juga berperan penting dalam membantu menciptakan perdamaian di Asia Tenggara. Salah satu implementasi tersebut adalah, Indonesia bergabung menjadi Pasukan Perdamaian PBB di akhir Perang Vietnam pada 1973 hingga 1974.

Kenapa Posisi Asia Tenggara sangat strategis dan apa pengaruhnya bagi Indonesia?

Letak kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negaranegara barat dan timur sehingga kawasan ini menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

Apakah keuntungan banyak gunung berapi di Asia Tenggara bagi pertanian?

potensi ini memberikan keuntungan bagi sektor pertanian di asia tenggara karena menghasilkan abu vulkanik yang dapat menyuburkan tanah.

Mengapa wilayah di Asia Tenggara merupakan wilayah pertanian yang subur brainly?

Jawaban. karena wilayah Asia tenggara merupakan negara yang dilalui lipatan sirkum Pasifik atau tempat pertemuan tiga lempeng, lalu Asia tenggara juga mempunyai banyak gunung berapi seperti Indonesia dan Filipina.

You might be interested:  Quick Answer: Where To Buy Souvenirs In Bali?

Apa wilayah di Asia Tenggara merupakan wilayah pertanian yang subur?

Sektor pertanian yang subur di Asia Tenggara adalah daerah aliran Sungai Mekong yang mengalir mulai dari Tibet melalui Yunnan ke Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Negara manakah yang paling bersih di Asia Tenggara?

Mengutip dari tourradar.com, negara terbersih di Asia urutan pertama adalah Singapura. Berdasarkan Global Peace Index, Singapura menjadi negara terbersih karena mempertahankan ruangan hijau. Selain itu Singapura menyediakan tempat wisata seperti safari hewan di malam hari.

Mengapa letak geografis Asia Tenggara sangat strategis?

Letak geografis Asia Tenggara sangat strategis karena berada di antara dua benua dan dua samudra. Kawasan ini turut menghubungkan negara-negara barat dan timur sehingga sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

Mengapa kawasan Asia Tenggara memiliki posisi strategis?

Berdasarkan letak ekonomisnya, kawasan Asia Tenggara memiliki posisi strategis karena terletak pada jalur perdagangan dunia. Kawasan Asia Tengggara merupakan jalur lalu lintas perdagangan dunia yang menghubungkan Samudera Pasifik dengan Samudera Hindia.

Berapa jumlah negara di kawasan Asia Tenggara?

Sebagian besar negara-negara di kawasan Asia Tenggara terletak di belahan bumi utara. Kawasan Asia Tenggara terdiri dari 11 negara dan memiliki luas wilayah 4,493,944 km 2. Indonesia termasuk salah satu negara yang ada di kawasan Asia Tenggara ini.

Mengapa Letak Indonesia dikatakan strategis?

Mengapa letak Indonesia dikatakan strategis karena terletak di antara dua samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. 3. Terletak di Jalur Lalu Lintas Dunia Indonesia terletak di jalur lalu lintas dunia, baik jalur pelayaran maupun penerbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector