Jelaskan Mengapa Pemasangan Rel Kereta Api Dibuat Renggang?

Sebenarnya, rel KA memang sengaja dibuat renggang karena untuk mengantisipasi terjadinya pemuaian di siang hari. Jika tidak diberi ruang pemuaian, maka rel tersebut akan melengkung.

Mengapa setiap rel kereta api dibuat lebih renggang brainly?

Pemasangan rel kereta api dibuat agak renggang. Hal ini dilakukan agar rel kereta api tidak melengkung saat suhu tinggi (panas).

Mengapa sambungan rel kereta api dibuat seperti tampak pada gambar di samping?

jawab: Tujuan Pemberian Celah pada Sambungan Rel Kereta Api adalah.Kenaikan suhu udara mengakibatkan pemuaian pada rel kereta api yang termasuk benda padat yang bisa juga memuai karena panas matahari. Oleh karena itu, antar rel harus diberi celah sebagai ruang muai untuk rel sehingga rel tersebut tidak melengkung.

Mengapa pada pemasangan rel kereta api dan kaca jendela perlu diberi ruang?

pada sambungan rel kereta api diberi celah karena untuk mengatasi terjadinya pemuaian di siang hari agar rel tidak melengkung.

You might be interested:  Bisnis Yang Belum Ada Di Bali?

Apakah tujuan dari pemasangan rel kereta api tersebut?

Tujuan pemasangan rel kereta api dibuat celah antar sambungannya adalah pada saat memuai rel kereta api tidak melengkung. Pada siang hari suhu meningkat sehingga partikel-partikel penyusun zat padat (rel kereta api) memiliki cukup energi untuk bergerak sehingga memungkinkan terjadinya perubahan bentuk/ukuran/volume.

Apa keunggulan dari kereta api yang dijalankan oleh listrik?

Menurut dia, sejumlah kelebihan yang dimiliki kereta listrik dibanding kereta diesel di antaranya lebih fleksibel, perawatan lebih mudah dan sederhana, serta memiliki percepatan yang lebih baik dibanding kereta diesel.

Apa yang akan terjadi jika pada sambungan rel kereta api tidak diberi celah?

apabila pada sambungan tidak diberi celah, pada saat rel memuai disiang hari yang panas akan menyabkan rel tidak mempunyai ruang untuk memuai,akibatnya rel aka membengkok, hal ini tentu saja harus dihindari karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas kereta api.

Mengapa pemuaian pada rel kereta termasuk yang merugikan?

Nah, pemuaian pada batang rel kereta karena suhu yang panas ini bisa menyebabkan saling mendorong antara dua batang rel, dan membuat rel tersebut jadi melengkung. Tentu, hal tersebut akan sangat berbahaya, ya. Bisa-bisa, kereta akan keluar jalur saat melewatinya.

Mengapa tukang kayu membuat bingkai kaca jendela dibuat lebih lebar dari ukuran sebenarnya?

Jawaban. Tukang kayu membuat bingkai jendela lebih lebar daripada ukuran kacanya, supaya saat kaca memuai, kaca tidak retak dan rusak.

Mengapa bingkai kaca jendela dibuat lebih besar dari ukuran sebenarnya?

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, tukang kayu merancang ukuran bingkai jendela kaca dibuat lebih besar atau longgar dari ukuran kaca sebenarnya, hal tersebut bertujuan memberi ruang muai agar tidak pecah.

You might be interested:  Mengapa Kita Berkewajiban Membayar Tagihan Listrik?

Mengapa pada saat pemasangan jendela dibuat sedikit berongga?

agar saat siang hari saat terjadi pemuain, kaca tidak pecah

Apakah pekerja yang memasang rel kurang cermat menyambungnya jelaskan?

Apakah pekerja yang memasang rel kurang cermat menyambungnya? Jelaskan! ​ Jawaban:Rel harus diberi celah pada sambungan-sambungannya, karena rel bisa bertambah panjang saat panas, dan bisa bertambah pendek saat dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector