Mengapa Besar Kecilnya Kelompok Mempengaruhi Cepat Lambatnya Integrasi Sosial?

Besar kecilnya kelompok dapat mempengaruhi cepat lambatnya proses integrasi dalam masyarakat. Hal ini karena dibutuhkannya penyesuaian diantara aanggota kelompok sebelum akhirnya tercapai integrasi. Pada masyarakat yang jumlahnya sangat banyak, akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai integrasi karena proses integrasi berjalan lambat.
Besar kecilnya kelompok Kelompok sosial yang memiliki kehidupan sosial relatif kecil cenderung mudah untuk mencapai integrasi sosial. Hal tersebut terjadi karena dalam kelompok kecil hubungan sosial antar anggotanya terjadi secara intensif sehingga proses komunikasi dan proses pertukaran budaya akan semakin cepat.

Contents

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Hukum Diperlukan Dalam Masyarakat?

Apa yang dimaksud dengan besar kecilnya sebuah kelompok?

Besar Kecilnya Sebuah Kelompok Ada beragam macam-macam kelompok sosial. Pada umumnya, kelompok-kelompok kecil memiliki tingkat kemajuan anggota kelompoknya yang cukup rendah sehingga proses integrasi sosial akan mudah untuk dicapai.

Mengapa dalam kelompok kecil hubungan sosial antar anggotanya terjadi semakin cepat?

Hal tersebut terjadi karena dalam kelompok kecil hubungan sosial antar anggotanya terjadi secara intensif sehingga proses komunikasi dan proses pertukaran budaya akan semakin cepat. Karena proses komunikasi dan proses pertukaran budaya berlangsung secara cepat, maka penyesuaian atas perbedaan-perbedaan juga akan berlangsung secara cepat.

Apa saja faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya integrasi sosial?

Faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya integrasi sosial, yang bisa anda ketahui dalam prosesnya sebagai berikut: 1. Homogenitas Kelompok Di dalam kelompok ataupun lingkungan masyarakat yang memiliki tingkat kemajuan yang rendah, maka proses integrasi sosialnya akan mudah untuk tercapai.

Apa saja faktor yang membuat cepat lambatnya integrasi sosial?

Jadi, faktor yang membuat cepat lambatnya integrasi sosial adalah, Homogenitas kelompok, besar kecilnya kelompok, mobilitas geografis dan efektivitas komunikasi. Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Mengapa jika kelompok semakin besar maka susah juga integrasi nya?

Karena semakin besar dan heterogen atau beragamnya suatu kelompok semakin sulit untuk melakukan integrasi karena memiliki banyak perbedaan. Sedangkan jika suatu kelompok kecil dan homogen atau sejenis, maka integrasi sosial makin mudah terjadi.

Faktor apa yang mempengaruhi cepat atau lambatnya proses integrasi?

Sedangkan faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya proses integrasi sosial antara lain:

  • Homogenitas kelompok.
  • Besar-kecilnya kelompok.
  • Mobilitas geografis.
  • Efektivitas komunikasi.
  • Benarkah Homogenitas dan heterogenitas kelompok berpengaruh terhadap cepat lambatnya proses integrasi?

    a. Homogenitas kelompok, dimana pada masyarakat yang homogenitasnya tinggi integrasi sangat mudah tercapai, demikian sebaliknya jika Homogenitas kelompok rendah maka integrasi sulit tercapai.

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan besar kecilnya kelompok?

    Besar kecilnya kelompok dalam integrasi sosial, yaitu proses integrasi sosial akan lebih mudah jika anggota kelompok tertentu lebih kecil atau sedikit. Contoh: Mengintegrasikan anggota kelurga relatif lebih mudah daripada mengintegrasikan masyarakat di seluruh indonesia yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.

    You might be interested:  FAQ: Where To Eat In Bali?

    Mengapa sebagian besar masyarakat menginginkan terjadinya integrasi sosial?

    Jawaban. Sebagian besar (semua) masyarakat mengidamkan terjadinya integrasi sosial adalah agar menjunjung tinggi rasa perdamaian dan gotong royong dalam negara Indonesia yang majemuk atau multikultural. Integrasi merupakan dasar utama agar NKRI ini dapat tetap bersatu.

    Faktor faktor apa saja yang menghambat integrasi sosial?

    Berikut 10 faktor penghambat integrasi sosial:

  • Sikap curiga serta prasangka terhadap kelompok lain.
  • Sikap tidak menghormati antara satu kelompok dengan kelompok lain.
  • Sulit menerima perkembangan zaman.
  • Masih mengutamakan dan menerapkan konsepsi nilai-nilai adat istiadat.
  • Perbedaan visi misi antar kelompok.
  • Mengapa faktor Homogenitas kelompok dapat mempercepat proses integrasi sosial?

    Integrasi sosial akan mudah dan cepat terjadi jika kelompok masyarakat memiliki kesamaan-kesamaan atau homogen, karena masyarakat yang memiliki banyak kesamaan akan lebih mudah untuk mencapai kesepakatan dan lebih mudah melakukan penyesuaian dalam kehidupan sehari-harinya.

    Apakah Homogenitas masyarakat memperlambat integrasi sosial?

    Homogenitas Kelompok

    Semakin majemuk atau heterogen masyarakatnya, maka integrasi sosial akan sulit diwujudkan dan memakan waktu yang cukup lama. Sebaliknya, semakin homogen masyarakat, maka integrasi sosial akan mudah untuk diwujudkan dalam waktu yang singkat.

    Apa yang dimaksud homogenitas kelompok dan berikan contohnya?

    Yap, homogenitas kelompok merupakan kesamaan latar belakang sosial (identitas) yang dimiliki kelompok. Misalnya, kesamaan suku, agama, hobi, dan lainnya.

    Apa yang dimaksud dengan disintegrasi atau disorganisasi sosial?

    Disintegrasi atau disorganiasi adalah adanya kondisi ketidaksimbangan dan ketidakserasian antar unsur di masyarakat karena ada beberapa unsur yang tidak berfungsi dengan baik. Disintegrasi sosial menjadikan keadaan kacau dan masyarakat bisa kehilangan kepercayaan satu sama lain.

    Apa yang dimaksud dengan homogenitas?

    Homogenitas adalah persamaan macam, jenis, sifat, watak, dari anggota-anggota suatu kelompok.

    Mengapa integrasi sosial sangat sulit terjadi di Indonesia?

    karena masyarakat majemuk di indonesia cenderung memiliki pola pikir yg berbeda2, mempunyai budaya dan kebiasaan yang berbeda2, hal2 itu lah yg membuat integrasi sosial sangat sulit terjadi.

    You might be interested:  Mengapa Kita Harus Mengamalkan Sila Ketiga Pancasila Di Sekolah?

    Apa faktor yang menghambat terbentuknya integrasi nasional di Indonesia?

    Faktor-faktor penghambat Integrasi Nasional

    1. Masyarakat Indonesia beraneka ragam.
    2. Wilayah Indonesia yang Luas.
    3. Kuatnya Paham Etnosentrisme.
    4. Tidak Meratanya Pembangunan.
    5. Budaya Asli Mulai Tergerus.

    Apa yang akan terjadi jika tidak ada integrasi nasional di Indonesia?

    Maka akan terjadi disintegrasi(perpecahan), dan negara itu mudah goyah karena perwujudan persatuannya kurang.

    Sebutkan faktor apa saja yang bisa merusak integrasi nasional?

    Faktor-Faktor Penghambat Integrasi Nasional

    1. Masyarakat Indonesia beraneka ragam. Faktor penghambat integrasi nasional yang pertama adalah beraneka ragamnya masyarakat Indonesia, mulai macam-macam kelompok suku, agama, ras, dan golongan lainnya.
    2. Wilayah Indonesia yang Luas.
    3. Kuatnya Paham Etnosentrisme.

    Mengapa kelompok kecil lebih mudah mencapai integrasi sosial?

    Besar Kecilnya Kelompok Masyarakat dalam kelompok kecil akan lebih mudah mencapai integrasi. Hal tersebut disebabkan oleh hubungan sosial antar anggota yang cenderung intensif dan berjalan dengan cepat. 3. Mobilitas Geografis Proses integrasi sosial akan sulit terjadi apabila anggota masyarakat sering datang dan pergi.

    Mengapa dalam kelompok kecil hubungan sosial antar anggotanya terjadi semakin cepat?

    Hal tersebut terjadi karena dalam kelompok kecil hubungan sosial antar anggotanya terjadi secara intensif sehingga proses komunikasi dan proses pertukaran budaya akan semakin cepat. Karena proses komunikasi dan proses pertukaran budaya berlangsung secara cepat, maka penyesuaian atas perbedaan-perbedaan juga akan berlangsung secara cepat.

    Apa saja faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya proses integrasi sosial?

    Sedangkan faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya proses integrasi sosial antara lain: Homogenitas kelompok. Masyarakat yang lebih homogen cenderung lebih mudah berintegrasi antar sesama individu di dalamnya karena tidak perlu melakukan banyak penyesuaian. Besar-kecilnya kelompok.

    Mengapa integrasi sosial sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang beragam?

    Foto: Pixabay Integrasi sosial sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang beragam agar dapat hidup secara harmonis. Tanpa adanya integrasi, konflik dapat mencuat ke permukaan dan menimbulkan perpecahan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Adblock
    detector