Mengapa Indonesia Memiliki Potensi Kelautan Yang Sangat Besar?

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, Sehingga negara Indonesia memiliki banyak lautan yang berpotensi untuk perikanan.

Bagaimana pengembangan potensi kelautan di Indonesia?

Potensi-potensi yang dimiliki Indonesia tentunya harus dijaga agar dapat terlindungi dan tidak rusak. Sehingga, pengembangan potensi kelautan harus dilakukan dengan cara yang berkelanjutan, terpadu, serta tidak berpusat di satu lokasi.

Apa saja potensi sumber daya kelautan?

Potensi sumber daya kelautan termasuk ekosistem laut yang beragam, energi, dan mineral. Berikut ini adalah potensi sumber daya laut Indonesia: 1. Pengelolaan Perikanan. Kita harus bersyukur Squad, karena Indonesia punya wilayah laut yang luas, jadi kita bisa puas makan banyak jenis ikan. Jumlah ikan yang banyak ini perlu dikelola dengan baik,

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu?

Bagaimana potensi energi kelautan Indonesia untuk kemashlahatan Bangsa?

Energi di bidang kelautan Indonesia sangat besar sekali dan mungkin terbesar di dunia. Ada 3 potensi energi kelautan Indonesia yang harus dikembangkan untuk kemashlahatan bangsa yaitu: 1. Energi gelombang laut adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang laut menuju daratan dan sebaliknya.

Bagaimana kondisi kelautan di Indonesia?

Indonesia adalah negara kepulauan yang disatukan oleh laut-laut sempit. Laut-laut tersebut memiliki potensi sumber daya kelautan yang sangat masif. Laut-laut Indonesia tersebut dipengaruhi oleh kondisi lautan besar yang ada disekitarnya yaitu Pasifik dan Hindia.

Mengapa Indonesia memiliki kekayaan laut yang besar?

Mengutip Kemdikbud RI, potensi sumber daya alam lautan Indonesia sangat melimpah karena dua pertiga wilayah Indonesia berupa lautan.

Jelaskan apa keuntungan yang dapat dimanfaatkan dari potensi laut Indonesia?

Laut sebagai aset nasional, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti sebagai jalur transportasi, sumber bahan makanan, sumber energi dan pertambangan, kawasan perdagangan, hingga wilayah pertahanan keamanan. Sumber daya perikanan adalah potensi sumber daya laut yang paling besar di Indonesia.

Mengapa Indonesia memiliki potensi perikanan yang cukup bagus?

Kekayaan sumber perikanan Indonesia disebabkan wilayah Laut di Indonesia yang dilalui oleh Samudera Pasifik yang banyak mengandung zat-zat yang diperlukan oleh biota laut. Kondisi iklim tropis juga berpengaruh pada intensitas cahaya yang diperlukan oleh biota laut.

Potensi apa saja yang bisa dimanfaatkan dari sumber daya kelautan di Indonesia?

Selain menyimpan bahan tambang dan mineral, ternyata laut indonesia juga dapat dimanfaatkan sebagai energi terbarukan dan ramah lingkungan. Dengan arus laut, gelombang, pasang surut, hingga suhu udara yang ada di laut bisa manfaatkan sebagai Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC).

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Memupuk Rasa Toleransi Dalam Diri Kita?

Apa jawaban dari Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan?

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan laut yang begitu besar, pemaksimalan potensi laut dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang cara-cara memanfaatkan sumber daya laut dengan cara yang bijaksana.

Apa sumber kekayaan laut Indonesia?

Laut Indonesia memiliki sekitar 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut dan 950 biota terumbu karang. Sumber daya ikan di laut Indonesia meliputi 37 persen dari spesies ikan di dunia.

Potensi apa yang dapat diambil dari laut?

Jenis-Jenis Potensi

Sumber daya hayati meliputi ikan, terumbu karang, padang lamun, mangrove dan biota laut lain. Sumber daya nonhayati meliputi pasir, air laut, mineral dasar laut. Sumber daya buatan meliputi infrastruktur laut yang terkait dengan kelautan dan perikanan.

Apa saja manfaat laut bagi kehidupan manusia?

Laut mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia seperti sumber makanan, sebagai jalan raya perdagangan, sebagai sarana penaklukan, sebagai tempat pertempuran, sebagai tempat rekreasi dan sebagai alat pemisah atau pemersatu bangsa.

Mengapa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar lagi?

Karena Indonesia memiliki keberagaman kebudayaan yang bisa menjadi ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, sebab memiliki nilai seni yang unik dan bernilai tinggi.

Bagaimana potensi perikanan di Indonesia saat ini?

Potensi sektor perikanan Indonesia adalah yang terbesar di dunia, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya dengan potensi produksi lestari sekitar 67 juta ton/tahun.

Mengapa sektor perikanan memiliki potensi dalam upaya peningkatan ketahanan pangan di Indonesia?

“Peningkatan produksi dari budidaya perikanan akan menjadi penting dalam memenuhi kebutuhan ketahanan pangan dan gizi dunia, karena ikan mengandung seperenam dari protein hewani orang yang mengkonsumsi, serta mengandung mikronutrien penting dan asam lemak omega-3. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar

You might be interested:  Mengapa Kita Tidak Boleh Memaksakan Kehendak Kita Saat Bermusyawarah?

Berapa potensi lestari sumber daya laut di Indonesia?

Luas wilayah laut Indonesia terdiri dari 2/3 dari jumlah seluruh wilayah Indonesia yaitu 5,8 juta km2. Di dalam wilayah kelautan indonesia terdapat potensi sumber daya laut yang berupa perikanan. Sedangkan laut Indonesia itu sendiri mempunyai potensi lestari sebesar 6,4 juta ton per tahun.

Mengapa kita harus menjaga kelestarian alam laut di Indonesia?

Jawaban pendek: Kita perlu menjaga pelestarian laut agar kita bisa menikmati hasil kekayaan laut secara berkesinambungan, tanpa menyebabkan kepunahan atau kerusakan alam.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim?

Indonesia disebut negara maritim karena

Alasan mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah karena wilayah perairan di Indonesia lebih luas dari daratannya. Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km (terpanjang kedua setelah Kanada).

Apa saja manfaat laut bagi kehidupan manusia?

Laut mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia seperti sumber makanan, sebagai jalan raya perdagangan, sebagai sarana penaklukan, sebagai tempat pertempuran, sebagai tempat rekreasi dan sebagai alat pemisah atau pemersatu bangsa.

Apa yang harus dilakukan agar laut tetap lestari?

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

  1. Menghemat Air.
  2. Mengurangi Pemakaian Limbah Cair.
  3. Mendaur Ulang Sampah.
  4. Mengurangi Penggunaan Plastik.
  5. Mengurangi Polusi Udara.
  6. 6. Mengurangi Penggunaan Energi.
  7. 7. Tidak Sembarangan Memancing Hewan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector