Mengapa Kita Di Larang Dalam Al-Quran Untuk Menghina Agama Lain?

Dalam menafsirkan ayat tersebut, Az-Zamakhsyari dalam tafsirnya Al-Kasyaf memahaminya bahwa alasan dilarang untuk mencaci agama lain adalah karena perbuatan tersebut dapat merugikan bagi umat Islam sendiri, yang mana tentu mereka akan membalasnya dengan mencaci maki agama Islam.

Mengapa kita tidak boleh menghina Tuhan atau ajaran agama lain sebutkan dalil surat apa dan ayat berapa?

Larangan ini diabadikan Allah SWT dalam surat Al Anam 108. وَلَا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ ‘Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan.’

Apakah Islam melarang menghina agama lain?

Gus Baha: Tak Boleh Menghina Tuhan Agama Lain, Ada dalam Alquran. PORTAL SULUT – Gus Baha menegaskan tak boleh umat Islam menghina tuhan agama lain, karena jelas dalam Alquran Allah SWT melarang itu. Ahli tafsir Alquran, Gus Baha, menjelaskan soal larangan menghina tuhan agama lain.

Apa Hukum menghina agama lain?

Islam melarang umatnya untuk menghina atau mengolok-olok agama lain. Sebaliknya, Islam mewajibkan umatnya untuk berlaku lembut kepada semua pemeluk agama, teasuk agama Kristen.

Apa Hukum menghina agama Islam?

Meski begitu, para ulama telah sepakat, siapa yang menghina Islam maupun agama seorang Muslim adalah kafir. Namun siapapun yang melakukan penghinaan tersebut, tidak boleh langsung dianggap kafir.

You might be interested:  Question: What To Do In Bali For 4 Days?

Mengapa kita tidak boleh menghina perbedaan orang lain?

Mengapa kita tidak boleh menghina perbedaan orang lain​

Agar terhindar dari rasa cemburu dan permusuhan. Penjelasan: Ingatlah bahwa setiap orang itu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Apa yang harus kita lakukan jika Islam dihina?

Jawaban. 1. Sabar dan berdzikir untuk mengendalikan amarah, karena jika rasa amarah ini tidak dikendalikan bisa menghanguskan semuanya. 2. Jangan, sekali-kali jangan balik menghina mereka, apalagi menghina agama yang dianutnya, karena para penghina itu akan semakin ‘gila’ menghina kita.

Apakah menghina seseorang itu dosa?

Selain itu, menghina adalah perbuatan yang dapat menyakiti hati orang lain. Sedangkan Allah sangat membenci orang yang menyakiti orang lain, terlebih adalah orang yang menyakiti seorang muslim. Namun sekarang ini banyak orang yang saling menghina satu sama lain, padahal hal tersebut adalah perbuatan dosa.

Apakah boleh membunuh orang yang menghina Nabi?

Berdasarkan dua riwayat terakhir, sejumlah ulama sepakat menjatuhkan hukuman mati kepada seorang muslim yang menghina Nabi. Ejekan dan hinaan kepada Nabi juga dianggap telah membuatnya murtad dari Islam sehingga harus dibunuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector