Mengapa Penggunaan Cfc Pada Lemari Es Atau Kulkas Ac Dan Parfum Dilarang?

Jawabannya yaitu dapat merusak lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global. Penggunaan AC dan lemari es bisa menghasilkan gas yang disebut dengan CFC atau chlorofluorocarbon. Gas CFC inilah yang yang nantinya bisa merusak lapisan ozon di atmosfer.
Penggunaan CFC pada almari es, AC dan parfum dilarang karena dapat menyebabkan lapisan ozon menipis serta menjadi penyebab gas rumah kaca. Jika lapisan ozon menipis atau habis dan gas rumah kaca banyak di atmosfer maka akan menyebabkan pemanasan global.

Apa yang dimaksud dengan CFC?

BAB II Pengertian CFC A. Pengertian CFC dan Ozon CFC adalah klorofluorokarbon, yaitu senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya.

Mengapa CFC digunakan untuk bahan pemadam kebakaran?

CFC digunakan juga untuk bahan pemadam kebakaran. Karna sifatnya dapat menyemburkan sesuatu dan memiliki tingkat suhu yang rendah sehingga dapat memadamkan api dengan tingkat suhu yang tinggi. Itulah pengertian CFC dan beberapa kegunaan CFC yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tahulah Anda bahwa CFC sudah dilarang.

You might be interested:  Mengapa Dinding Rahim Memiliki Banyak Pembuluh Darah?

Apa hubungan antara CFC dan air conditioner?

Chlorofluorocarbon (CFC) adalah senyawa organik yang mengandung karbon, klorin, dan fluorin, diproduksi sebagai turunan volatile metana, etana, dan propana. Pada dasarnya bentuk zat CFC adalah zat gas. Lalu apa hubungannya dengan AC (Airconditioner)? dalam AC terdapat sebuah gas CFC yang dimasukan dalam saluran instalasi AC.

Apakah CFC mudah terbakar?

Dua CFC yang umum adalah CFC-11 (Trichloromonofluoromethane atau freon 11) dan CFC-12 (Dichlorodifluoromethane) CFC merupakan zat-zat yang tidak mudah terbakar dan tidak terlalu toksik.

Mengapa kita tidak baik bila menggunakan kulkas AC yang memanfaatkan CFC?

Penggunaan CFC pada AC dan kulkas dapat menimbulkan pemanasan global. CFC ini akan mengikat ozon di atmosfir. Salah satu efek dari peristiwa tersebut adalah meningkatnya intensitas sinar ultraviolet ke bumi yang dapat merangsang penyakit pada manusia, yaitu kanker kulit.

3 Apa yang dimaksud dengan CFC dan apa dampaknya bagi kehidupan manusia?

CFC adalah singkatan dari Cluoro Fluoro Carbon. CFC merupakan zat kimia yang dinabfaatkan dalam pembuatan Freon pendingin ruangan, Freon lemari es, dalam parfum bentruk spray, obat nyamuk spray dan lain sebagainya. CFC ini mengakobatkan dampak yang berbahaya bagi lingkungan. 4. Turunnya imunitas manusia.

Mengapa penggunaan gas CFC di larang jelaskan dari segi lingkungan dan ekonomi?

Karena CFC memberikan ancaman terhadap lapisan ozon. CFC dapat memecahkan ozon diatmosfer. Semakin banyak CFC di atmosfer, maka semakin banyak molekul ozon yang terpecah sehingga mengakibatkan penipisan lapisan ozon bahkan sampai berlubang sehingga dapat ditembus sinar ultraviolet matahari.

Mengapa penggunaan CFC yang terlalu banyak tidak diperbolehkan?

Pemakaian gas CFC yang berlebihan dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon yang signifikan. Isu penggunaan gas CFC ini telah disorot oleh berbagai negara sejak dulu, yaitu pada Protokol Montreal (1987) dan Vienna Convention (1988) yang menetapkan pengurangan produksi gas CFC secara bertahap.

You might be interested:  FAQ: Campuran Yang Enak Untuk Arak Bali?

Mengapa penggunaan AC dan kulkas berdampak pada pemanasan global?

CFC merupakan zat yang dapat menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari karbon dioksida. Oleh karena itu, penggunaan AC dan kulkas yang menggunakan CFC dapat menyebabkan pemanasan global.

Dampak apa yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?

Seperti yang sudah dibahas, penggunaan AC dan lemari es dapat menyebabkan efek rumah kaca. Pasalnya, keduanya mengandung zat CFC atau chlorofluorocarbon. Apa yang dimaksud dengan gas CFC? CFC merupakan gas enggak berbau, enggak mudah terbakar, dan enggak mudah bereaksi.

Apa yang dimaksud dengan CFC?

Senyawa CFC (chlorofluorocarbon) atau lebih dikenal dengan sebutan freon merupakan senyawa haloalkana yang digunakan sebagai cairan pendingin atau refrigerant.

Apa yang anda ketahui tentang CFC?

Klorofluorokarbon (CFC) adalah suatu senyawa organik yang hanya mengandung karbon, klorin, dan fluorin, yang diproduksi sebagai derivat volatil dari metana, etana, dan propana. Mereka juga dikenal dengan nama merek DuPont Freon.

Apa itu penggunaan CFC?

Kegunaan CFC

CFC digunakan pada pendingin udara sebagai bahan yang aktif dalam instalasi AC. Dalam istilah AC kita lebih mengenalnya dengan sebutan Freon AC. Atau Anda pernah dengan dengan freon dupont yang merupakan salah satu freon merek dagang yang paling dikenal di dunia.

Mengapa gas CFC berakibat bagi lingkungan?

Ketika terlepas ke atmosfer, freon (CFC) akan berubah menjadi Karbondioksida yang akan menambah kepadatan gas rumah kaca di atmosfer. CFC juga mengakibatkan penipisan lapisan ozon bumi. Sehingga sinar Ultarviolet matahari masuk ke bumi secara langsung dan meningkatkan suhu bumi.

Mengapa CFC sekarang dikurangi penggunaannya dan DDT sudah dilarang penggunaannya?

karena cfc adalah gas yang dapat merusak lapisan ozon. karena dapat merusak/menipiskan lapisan ozon sehingga pemakaian cfc (kalau bisa) tidak dipakai.

Bagaimana cara kita untuk menekan penggunaan CFC?

cara cara mengurangi emisi gas CFC:

  1. mengurangi pemakaian produk yg dapat menimbulkan gas cfc seperti kulkas, ac, dll.
  2. gunakan kendaraan umum agar gas cfc tidak banyak dihasilkan kendaraan.
  3. gunakan sepeda bila ingin berpergian jarak dekat seperti ingin ke rumah teman.
  4. hemat listrik
You might be interested:  Often asked: How Did Hinduism Come To Bali?

Mengapa penggunaan CFC dapat menimbulkan penipisan lapisan ozon?

Radiasi ultraviolet di stratosfer menyebabkan molekul CFC terdisosiasi hingga menghasilkan atom klorin dan radikal, yakni radikal klorodifluorometil. Atom klorin kemudian bereaksi dengan ozon untuk memulai proses yang menyebabkan konversi ribuan molekul ozon menjadi oksigen.

Bagaimana CFC dapat merusak lapisan ozon?

Karena CFC mengandung klorin. Radiasi ultraviolet di ketinggian lapisan ozon menguraikan CFC dan membebaskan klorin. Di bawah kondisi yang tepat, klorin ini berpotensi untuk merusak sejumlah besar ozon sehingga terjadi penipisan.

Mengapa penggunaan freon yang berlebihan dapat merusak lapisan ozon?

Ketika freon (CFC) terlepas ke atmosfer, maka molekul CFC akan terurai atom C sendiri sangat reaktif terhadap atom O (rumus molekul ozon adl O3), ketika atom C dari pecahan freon bertemu dengan molekul O3, maka atom C akan menarik satu atom dari ozon, yang akan mengakibatkan timbulnya karbon monoksida (CO) dan ozon

Apa yang dimaksud dengan CFC?

Chloro Fluro karbon (juga disebut CFC) adalah gas terdiri dari tiga unsur Klor, Fluor dan Carbon. Mereka pernah digunakan secara luas sebagai pendingin dalam kulkas dan sebagai pendorong dalam kaleng aerosol.

Apa fungsi CFC pada bahan pelarut?

CFC yang terdapat pada bahan pelarut banyak digunakan bagi kilang-kilang elektronik. sebagai pelarut untuk pembersih dan untuk tujuan pengeringan minyak. CFC digunakan sebagai bahan dorong dalam penyembur (aerosol), diantaranya kaleng semprot pengharum ruangan, penyemprot rambut, minyak wangi (parfum).

Apakah CFC mudah terbakar?

Dua CFC yang umum adalah CFC-11 (Trichloromonofluoromethane atau freon 11) dan CFC-12 (Dichlorodifluoromethane) CFC merupakan zat-zat yang tidak mudah terbakar dan tidak terlalu toksik.

Apakah CFC bisa menyebabkan pemanasan global?

CFC sekarang ini telah digantikan oleh senyawa-senyawa yang lebih ramah lingkungan. CFC juga bisa menyebabkan pemanasan global. Satu molekul CFC-11 misalnya, memiliki potensi pemanasan global sekitar 5000 kali lebih besar ketimbang sebuah molekul karbon dioksida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector