Mengapa Penggunaan Freon Perlu Dibatasi Jelaskan?

Freon banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari, namun penggunaannya dibatasi karena dapat merusak lapisan ozon.

Apa yang dimaksud dengan Freon?

Pengertian dan Jenis Refrigerant (Freon) – Refrigerant atau freon merupakan salah satu bagian dari sistem air conditioner (AC). Pengertian refrigerant atau freon adalah suatu zat yang berupa pendingin atau fluida yang digunakan untuk menyerap panas melalui proses evaporasi dan mengeluarkan panas atau membuang panas melalui proses kondensasi.

Apa yang terjadi jika menghirup Freon?

Gangguan yang bisa dialami akibat menghirup freon adalah sakit tenggorokan, penglihatan kabur, sesak nafas, pembengkakan pada tenggorokan, terganggunya sistem peredaran darah dan nyeri perut. Untuk itu proses isi freon AC harus dilakukan oleh ahlinya agar prosesnya bisa sesuai dengan prosedur dan memiliki takaran yang sesuai.

You might be interested:  Mengapa Saudara Diwajibkan Mengikuti Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan?

Apakah Freon berbahaya untuk kesehatan?

Freon tidak berbahaya untuk kesehatan jika hanya dalam konsentrasi yang kecil atau rendah, tetapi akan sangat berpengaruh pada orang dengan jantung yang lemah karena dapat menyebabkan aritmia jantung (detak jantung tidak teratur) dan akan menyebabkan jantung berdebar pada konsentrasi yang tinggi.

Bagaimana Cara mengisi Freon?

Isi freon secara perlahan Saat mengisi freon Anda tidak boleh tergesa-gesa dan lakukanlah secara perlahan. Buka katup manifold hingga jarum pada manifold mulai bergerak naik. Pastikan proses pengisian berjalan secara perlahan dan tidak terlalu cepat. Cobalah buka sedikit demi sedikit, kemudian tutup kembali.

Apa akibat jika penggunaan freon ini tidak dibatasi terhadap kelangsungan hidup di bumi?

Kebocoran CFC atau Freon dapat merusak lingkungan. Ketika freon lepas ke atmosfer, freon akan naik ke bagian atmosfer atas di lapisan Stratosfer. Di lapisan ini greon akan menyebabkan lubang ozon. Ini karena freon memecah gas ozon (O3) menjadi gas oksigen (O2).

Mengapa perlu pembatasan penggunaan mesin mesin pendingin yang menggunakan CFC?

Jawaban. karena mesin pendingin mengeluarkan zat polutan yg disebut dgn CFC atau Chloro Fleuro Carbon dan juga biasa disebut Freon. CFC dpt merusak/menguraikan lapisan Ozon,sehingga ozon tdk lgi efektif melindungi Bumi dri radiasi sinar UV/Ultra violetnya Matahari yg dpt menyebabkan pemanasan global/global warming.

Kenapa penggunaan freon dalam kehidupan sehari hari dianggap sangat berpengaruh terhadap perubahan lingkungan?

Akibat reaksi dengan gas berbahaya seperti CFC atau freon ini kepadatan ozon berkurang karena terpecah menjadi gas oksigen biasa. Akibatnya lapisan ozon menipis dan sinar berbahaya ultraviolet matahari masuk hingga ke permukaan bumi.

Mengapa freon menyebabkan pemanasan global?

Ketika terlepas ke atmosfer, freon (CFC) akan berubah menjadi Karbondioksida yang akan menambah kepadatan gas rumah kaca di atmosfer. CFC juga mengakibatkan penipisan lapisan ozon bumi. Sehingga sinar Ultarviolet matahari masuk ke bumi secara langsung dan meningkatkan suhu bumi.

You might be interested:  Question: Lembah Yang Ada Di Pulau Bali?

Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif dari penggunaan AC dan lemari es?

Mengatasi Dampak Negatif AC

  1. Menggunakan pendingin ruangan tanpa CFC.
  2. Menggunakan pendingin ruangan seperlunya.
  3. Meletakkan tanaman di ruangan berAC.
  4. Membuka ventilasi udara.
  5. Tetap mengkonsumsi makanan yang sehat.
  6. Minum air putih.
  7. Menggunakan pelembab.

Akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pesatnya penggunaan freon berakibat kan?

Akibat kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dengan pesatnya pengguna freon berakibat meningkatnya global warming dan perusakan lapisan ozon.

Mengapa penggunaan alat elektronik yang menggunakan CFC dapat mengakibatkan global warming?

Penggunaan CFC pada AC dan kulkas dapat menimbulkan pemanasan global. CFC ini akan mengikat ozon di atmosfir. Salah satu efek dari peristiwa tersebut adalah meningkatnya intensitas sinar ultraviolet ke bumi yang dapat merangsang penyakit pada manusia, yaitu

Mengapa penggunaan CFC dapat menimbulkan penipisan lapisan ozon?

Radiasi ultraviolet di stratosfer menyebabkan molekul CFC terdisosiasi hingga menghasilkan atom klorin dan radikal, yakni radikal klorodifluorometil. Atom klorin kemudian bereaksi dengan ozon untuk memulai proses yang menyebabkan konversi ribuan molekul ozon menjadi oksigen.

Mengapa CFC yang sering digunakan dalam produk produk pendingin dan aerosol dapat merusak ozon?

CFC merupakan senyawa yang sering digunakan dalam produk-produk pendingin (AC) dan aerosol. Ketika CFC terurai di atmosfer, maka akan memicu reaksi dengan oksigen penyusun ozon. Dengan demikian, ozon akan terurai yang menyebabkan lapisan ozon berlubang.

Apa hubungan freon dengan perubahan lingkungan?

Seperti yang kita tahu, Freon atau CFC merupakan penyebab global warming yang menjadi penyebab banyaknya perubahan di lingkungan hidup, mulai dari meningkatnya suhu muka bumi sampai mencairnya es di kutub yang saat ini semakin dapat dirasakan dampaknya.

Apa itu penggunaan freon?

Freon, disebut juga sebagai refrigerant, adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai fluida untuk menyerap panas dari udara di suatu ruangan sehingga suhu dalam ruangan tersebut menjadi lebih rendah.

Apa dampak yang ditimbulkan dari pemakaian pendingin ruangan yang terus meningkat?

Jawaban. Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es adalah efek rumah kaca, efek ini akan menjadikan panas suhu permukaan bumi meningkat, sehingga menimbulkan pemanasan global.

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Gereja Disebut Katolik?

Apakah freon menyebabkan terjadinya efek rumah kaca?

Gas freon paling bertanggung jawab atas efek rumah kaca karena gas ini menghasilkan gas CFC yang bisa menimbulkan ozon berlubang sehingga tidak ada penangkal radiasi sinar ultraviolet matahari, hal ini meningkatkan suhu bumi dan terjadilah efek rumah kaca.

Apa dampak yang disebabkan oleh pemanasan global?

Dampak pemanasan global yang cukup sering dipublikasikan adalah mencairnya gletser: Mencairnya gletser akan menciptakan banyak masalah bagi manusia dan hewan yang hidup di bumi. Salah satunya adalah kenaikan permukaan laut.

Apa itu Freon dan seberapa pentingnya penggunaan Freon?

Apa Itu Freon dan Seberapa Pentingnya Penggunaan Freon? Jika Anda adalah orang yang mengandalkan AC di musim panas untuk membuat udara tetap sejuk dan nyaman, baik itu di mobil atau rumah Anda, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Freon.

Apakah Freon berbahaya untuk kesehatan?

Freon tidak berbahaya untuk kesehatan jika hanya dalam konsentrasi yang kecil atau rendah, tetapi akan sangat berpengaruh pada orang dengan jantung yang lemah karena dapat menyebabkan aritmia jantung (detak jantung tidak teratur) dan akan menyebabkan jantung berdebar pada konsentrasi yang tinggi.

Bagaimana Cara mengisi Freon?

Isi freon secara perlahan Saat mengisi freon Anda tidak boleh tergesa-gesa dan lakukanlah secara perlahan. Buka katup manifold hingga jarum pada manifold mulai bergerak naik. Pastikan proses pengisian berjalan secara perlahan dan tidak terlalu cepat. Cobalah buka sedikit demi sedikit, kemudian tutup kembali.

Bagaimana cara mengetahui jenis Freon pada pendingin ruangan?

Cara mengetahui jenis freon pada AC sangatlah mudah, Anda hanya perlu melihatnya keterangan pada nameplate yang ditempelkan pada unit AC ataupun mengecek keterangannya pada bagian kerdus. Terdapat beberapa jenis freon AC yang biasa digunakan pada alat pendingin ruangan. Setiap freon memiliki fungsi serta kekuatan yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector