Mengapa Perlu Disusun Kronologi Sejarah Dalam Penjelasan Sejarah?

Sebagai dasar penyusunan cerita sejarah. Tujuan dengan adanya kronologi sejarah yaitu bisa digunakan sebagai dasar dalam menyusun cerita sejarah. Hal ini dikarenakan dengan kronologi itu setiap orang bisa mencatat peristiwa nyata dari waktu ke waktu. Sehingga penyusunan cerita sejarah akan lebih runtut dan lebih mudah dilakukan.
Kronologi dibutuhkan supaya sejarah makin mudah dipahami dan dipelajari, karena sudah diurutkan, sehingga rangkaian peristiwa tersebut menjadi satu kesatuan utuh.

Mengapa kronologi sejarah diperlukan?

Kronologi sejarah diperlukan karena dalam peristiwa-peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Setiap peristiwa perlu diklasifikasi berdasarkan jenis dan bentuk peristiwanya. Persitiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu lalu disusun secara runut berdasarkan waktu kejadian berlangsung.

Mengapa kronologi sejarah berkaitan dengan periodesasi sejarah?

Kronologi sejarah berkaitan dengan periodesasi sejarah. Kronologi sejarah dibutuhkan sebab dalam peristiwa-peristiwa sejarah terdiri atas berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Setiap peristiwa membutuhkan klasifikasi yang didasarkan pada jenis dan bentuk peristiwanya.

Mengapa konsep kronologi sangat penting dalam ilmu sejarah?

Berkat bantuan konsep kronologi kita juga dapat melihat kaitan peristiwa sejarah yang terjadi di belahan bumi yang lain. Kronologi merupakan ilmu dasar yang sangat penting dalam ilmu sejarah karena konsep ini menggambarkan proses sejarah. Misalnya bulan, hari tahun terjadinya suatu peristiwa penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector