Mengapa Sumber Air Yang Dekat Dengan Laut Terasa Asin?

Air hujan melarutkan mineral dan melepaskan garam dari bebatuan di darat yang kemudian dibawa oleh sungai ke laut. Ketika cahaya matahari menghangatkan laut, air menguap dan garam tertinggal sehingga membuat air laut terasa asin.

Mengapa air laut terasa asin?

Kenapa Air Laut Asin – Ketahui Penyebab, Proses dan Fakta Unik Seputar Mengapa Laut Terasa Asin dan Fakta Unik Lainnya Menurut para ilmuwan geomarine geologi, garam di laut merupakan hasil dari air hujan yang sebelumnya telah membawa ion mineral dari darat ke laut.

Mengapa air laut menjadi asin?

Garam-garam mineral yang tinggal inilah yang membuat air laut menjadi asin, sehingga tingkat keasinan air laut berbeda di setiap dunia. Namun sudah pasti bahwa air laut memang asin atau memiliki salinitas yang cukup tinggi. Selain alasan diatas ada beberapa alasan lain mengapa air laut menjadi asin.

Apa yang terjadi jika air laut dipanaskan?

Air laut yang dipanaskan Air laut akan merembes ke retakan di dasar laut. Air ini kemudian akan dipanaskan oleh magma yang berasal dari inti bumi. Panas ini akan memunculkan beberapa reaksi kimia. Air akan melepaskan oksigen, magnesium, sulfat dan beberapa zat besi. Reaksi ini kemudian menambah kandungan garam pada air laut.

Mengapa garam di Laut terasa asin?

Menurut para ilmuwan geomarine geologi, garam di laut merupakan hasil dari air hujan yang sebelumnya telah membawa ion mineral dari darat ke laut. Akibat karbondioksida di udara yang kemudian melarut ke dalam air hujan maka akan terasa asin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector