Mengapa Surat An Nas Disebut Al Mu Awwidzatain?

Surah an-Nas dan al-Falaq dinamakan surah muawwidzatain atau dua surah perlindungan karena keduanya diturunkan berkaitan erat dengan peristiwa disihirnya nabi Muhammad saw. Menurut Imam As-Suyuthi dalam kitab Lubabun Nuqul Fi Asbabin Nuzul, peristiwa tersebut adalah asbabun nuzul surah an-Nas dan al-Falaq.

Apa surat Al Falaq dan surat An Nas disebut al mu Awwidzatain?

Surat ini merupakan surat ke 114 dan menjadi surat terakhir di dalam Alquran. Bersama surat Al Falaq, surat An Nas disebut sebagai surat muawwidzatain atau dua surat yang berisi permohonan perlindungan kepada Allah SWT. Bukan hanya memohon perlindungan dari jin dan setan saja, namun juga kejahatan dari manusia.

Apa keutamaan Muawwidzatain?

Surah Muawwidzatain ini berisi tentang permintaan hamba untuk perlindungan, dan kesembuhan diri kepada Allah SWT. memiliki khasiat apabila rutin diamalkan dengan penuh keyakinan. Surat Al Falaq dan An Naas ini dapat juga disebut sebagai Al Muqasyqisyatain, yaitu dua surah yang membebaskan manusia dari kemunafikan.

Surat apa saja yang termasuk Muawwidzatain?

Surah Al-Mu’awwidzat (Arab: سورة المعوذات) adalah surat yang terdiri dari surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Surah Al-Mu’awwidzat memiliki kedudukan yang tinggi di antara surah-surah lainnya. Di sunnahkan untuk membaca Al-Mu’awwidzat sebelum tidur.

Mengapa disebut surat An Nas?

Nama An-Nas diambil dari kata An-Nas yang berulang kali disebut dalam surah ini yang berarti manusia. Surah ini termasuk dalam golongan surah makkiyah terdiri dari 6 ayat. Isi surah adalah anjuran supaya manusia memohon perlindungan kepada Allah terhadap pengaruh hasutan jahat setan yang menyelinap di dalam diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector