Mengapa Voc Dibentuk Belanda Pada Tahun 1602?

Mengapa VOC Dibentuk pada Tahun 1602?

  • Menghindari persaingan tidak sehat diantara sesama pedagang Belanda
  • Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan, baik dengan bangsa Eropa, maupun dengan bangsa Asia.
  • Membantu dana pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spanyol
  • Untuk menguasai pelabuhan-pelabuhan penting
  • Utuk menguasai kerajaan yang ada di Indonesia
  • Tujuan utama Belanda mendirikan VOC selain memperkuat kedudukannya di wilayah Indonesia adalah untuk menghindari persaingan antar sesama para pedagang Belanda.

    Mengapa VOC dibentuk?

    VOC dibentuk salah satunya untuk mengatasi persaingan antara pedagang Belanda dengan Portugis. Agar serikat dagang ini dapat berkembang dengan baik, maka pemerintahnya mendukung penuh dan memberikan hak istimewa yaitu bertindak sebagai suatu negara.

    Apa tujuan dibentuknya VOC di Indonesia?

    Tujuan VOC adalah Mencari Keuntungan Sebesar-Besarnya, Simak Sejarahnya Tujuan dibentuknya VOCdi Indonesia adalah untuk menguasai segala sumber daya yang ada. Sebab Indonesia adalah negara yang kaya rempah dan memiliki banyak pelabuhan sebagai tempat singgah para pedagang dari berbagai penjuru dunia.

    Bagaimana sejarah berdirinya VOC?

    Sejarah berdirinya VOC dimulai dari masa penjajahan Belanda di Indonesia yang dibagi dalam dua periode. Di mana periode pertama tahun 1602 hingga 1799. Periode kedua terjadi pada 1800 sampai 1942. Pada mulanya, Belanda datang ke Indonesia untuk berniaga.

    Kapan VOC dibentuk?

    Tujuan dibentuknya VOC oleh Belanda pada tahun 1602 dibuat dalam sebuah perundingan yang dilakukan pada tanggal 15 Januari atau sekitar 2 bulan sebelum didirikannya VOC.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Adblock
    detector