Often asked: Apa Saja Manfaat Yang Diperoleh Para Petani Dari Sistem Irigasi Subak Di Bali?

Apa manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?

Manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali adalah terjaminnya ketersediaan air untuk sawah para petani. Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang disebut pekaseh atau klean subak. Para pekaseh bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya.

Apa manfaat subak di Bali?

Subak sebagai suatu organisasi di Bali memiliki lima fungsi penting yaitu (1) kegiatan upacaara keagamaan, (2) pembagian dan pendistribusian air irigasi, (3) operasional dan pemeliharaan jaringan irigasi, (4) mobilisasi sumberdaya, (5) penanganan konflik (Windia, 2006).

Apa tujuan dibentuk nya subak?

Apakah tujuan dibentuknya subak? Jawaban: untuk mengelola irigasi sawah.

Di daerah manakah dibentuknya sistem irigasi subak?

Subak adalah sebuah organisasi yang dimiliki oleh masyarakat petani di Bali yang khusus mengatur tentang manajemen atau sistem pengairan/ irigasi sawah secara tradisional, keberadaan Subak merupakan manifestasi dari filosofi/konsep Tri Hita Karana.

You might be interested:  Question: Tari Daerah Yang Berasal Dari Bali Adalah?

Apakah dengan kearifan lokal subak tersebut bisa mendukung pada program kelestarian lingkungan?

3. Apakah dengan kearifan lokal “ Subak ” tersebut bisa mendukung pada program kelestarian lingkungan? Jawab: Bisa, karena dengan esensi kearifan lokal subak yang menyangkut komitemen yang tinge secara tidak langsung mendukung program kelestarian alam untuk jagatraya yang berkelanjutan.

Subak merupakan sistem pengaturan air di Bali Apa manfaat dari subak?

Manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali adalah meningkatkan kesejahteraan para petani, meningkatkan kearifan lokal, dan mensejahterakan koperasi unit desa yang ada.

Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?

e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia? Jawaban: Karena sistem subak juga memperhatikan asas kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.

Apakah tujuan dibuatnya aturan di rumah?

Tata tertib di rumah dibuat oleh orang tua dan dilaksanakan oleh anggota keluarga lainnya yang bertujuan untuk mendidik anak supaya mandiri, melatih anak untuk hidup disiplin, serta menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan rumah.

Apakah tujuan dilakukannya percobaan tersebut?

Tujuan dari percobaan adalah untuk membuktikan sebuah hipotesis atau dugaan akan hal-hal tertentu, agar terbukti kebenarannya.

Apakah tujuan dibuatnya gambar cover?

Jawaban: Menyajikan informasi tentang buku seperti judul, penulis buku, identitas penerbit, dan lain sebagainya. Menyajikan ilustrasi tentang isi buku.

Bagaimana sistem irigasi subak?

Subak, Sistem Irigasi Adil Sama seperti sistem irigasi lainnya, setiap petani berhak atas bendungan air (pengalapan), parit (jelinjing) dan sebuah saluran air menuju lahan (cakangan). Pembuatan, pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas irigasi subak ini dilakukan bersama oleh anggota subak di daerah tersebut.

You might be interested:  Question: Where Do Most Tourists Stay In Bali?

Dari mana sumber air yang digunakan dalam subak di Bali?

Tiga buah danau yang meliputi Danau Beratan, Buyan, dan Tamblingan berfungsi sebagai sumber air bagi Bali tengah, barat, dan selatan. Sementara Danau Batur di Bangli sebagai sumber air di Bali timur.

Apa ane madan subak?

Subak adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah (irigasi) yang digunakan dalam bercocok tanam padi di Bali, Indonesia. Sistem irigasi ini diatur oleh seorang pemuka adat (Pekaseh) yang juga adalah seorang petani di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector